Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Sosial Ekonomi Masyarakat untuk Menggerakka Kegiatan Konservasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Kandis Kota Padang


Tujuan penelitian ini adalah mengkaji potensi sosial ekonomi masyarakat DAS Batang Kandis untuk menggerakkan kegiatan konsevasi, menganalisis kondisi biofisik DAS Batang Kandis untuk menggerakkan konservasi dan menganalisis pengaruh, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan konservasi DAS Batang Kandis di wilayah hulu, tengah, dan hilir.
Penelitian dilaksanakan di wilayah DAS Batang Kandis, Kecamatan Koto Tangaj, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.
Analisis data menggunakan persamaan regresi linear berganda dan program SPSS 10 dan 16 terhadap potensi sosial ekonomi, biofisik, pengaruh pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan pengelolaan DAS Batang Kandis di hulu, tengah, dan hillir. Pengujian model yang digunakan adalah uji klasik yang meliputi Uji Normalitas, Multikolinearitas, Heteroskedastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat sosial ekonomi masyarakat di daerah DAS Batang Kandis dimana tingkat pendidikan yang tertinggi adalah ditemukan di daerah hilir dan tengah. Berdasarkan hasil analisis statistik menunjukkan tidak ada perbedaan tingkat pendidikan antara hilir dan tengah. Sementara tingkat pendapatan masyarakat menunjukkan bahwa pendapatan yang terendah adalah di daerah hilir, sementara tingkat pendapatan masyrakat di daerah hulu adalah nyang tertinggi.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat [astirispasi masyarakat dalam mengelola DAS terlihat bahwa tingkat partisipasi yang tertinggi adalah dijumpai di daerah huulu dengan model partisipasi terpadu. Partisipasi terbesar kedua adalah tengah dan yang terendah di daerah hilir. Berdasarkan kondisi bio fisil DAS Batang Kandis menunjukkan bahwa daerah hulu dan tengah masih layak untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan masih berada di atas ambang baku mutu air sungai untuk dikonsumsi
Mukhlis
Mukhlis - Personal Name
Text
Bahasa Indonesia
Bung Hatta
2010
Padang
xiv, 86 Hlm.; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...