Detail Cantuman Kembali

XML

Paradigma Baru Pendidikan Nasional


Isi buku ini menyajikan ide penulis, khususnya pada masa krisis melanda kehidupan bangsa dan negara Indonesia, termasuk pula pemikiran-pemikiran penulis yang muncul untuk masa pasca-krisis. Masyarakat dan bangsa Indonesia baru saja meninggalkan suatu bentuk kehidupan yang memasung otonomi berpikir. Kebebasan menyatakan pendapat merupakan salah satu hak asasi manusia yang harus dipertahankan dan dikembangkan. Pembaca akan dapat merasakan di dalam membaca buku ini suatu gambaran yang melihat pendidikan dari kaca mata yang lain. Kadang-kadang mungkin para pembaca mercermati beberapa pemikiran yang cukup ekstrem sebagai suatu reaksi terhadap pemasungan dari kemerdekaan berpikir masa lalu. Makna dari perenungan pendidikan yang dikemukakan di buku ini leboh bersifat provokasi (to provoke) untuk secara mantap dan jelas menginginkan perwujudan suatu sistem pendidikan nasional yang dicita-citakan oleh gerakan reformasi. Pendobrakan suatu sistem lama bukan saja diperlukan suatu komitmen politik dari masyarakat Indonesia tetapi juga perlu didukung oleh berbagai sarana dan dana yang memadai.
Bagian 1 merupakan suatu refleksi untuk mencari paradigma baru pendidikan nasonal berdasarkan analisis dari kekeliruan-kekeliruan atau anomali-anomali praksis pendidikan masa lampau diiringi dengan suatu pandangan jauh melihat ke depan yaitu tuntutan dari suatu masyarakat indonesia baru yang kita dambakan. Bagian 2 menyajikan paradigma-paradigma baru pendidikan nasional yang peka terhadap dinamika masyarakat dewasa ini. Bagian 3 menyajikan reposisi pendidikan tinggi. Bagian 4 menyajikan mengenai partisipasi masyarakat di dalam penyelenggaraan pendidikan nasional. Dan bagian 5 menyajikan kaitan antara kebudayaan dan pendidikan nasional.

Buku ini terdiri dari 5 bab, yaitu:
1. suatu refleksi untuk mencari paradigma baru pendidikan nasional berdasarkan analisis dari kekeliruan atau anamoli praktis pendidikan masa lampau diiringi dengan suatu pandangan jauh melihat kedepan.
2. menyajikan paradigma baru pendidikan nasional yang peka terhadap dinamika masyarakat dewasa ini
3. menyajikan reposisi pendidikan tinggi
4. menyajikan partisipasi masyarakat di dalam penyelenggaraan pendidikan nasional
5. menyajikan kaitan antara kebudayaan dan pendidikan nasional
Tilaar, H.A.R - Personal Name
Cet. 2
370.1 Til P (14)
979-518-559-4
370.1
Text
Indonesia
Rineka Cipta
2004
Jakarta
xvi, 240 Hlm.; 23,5 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...